A. BATASAN
- Perpustakaan, adalah kumpulan buku yang tersimpan di suatu tempat tertentu, milik suatu instansi tertentu.
- Perpustakaan Sekolah, adalah perpustakaan yang mengumpulkan, menyimpan, memelihara, mengatur, dan mengawetkan bahan perpustakaan yang bersifat menunjang usaha pendidikan dan pengajaran sekolah.
- Peranan, adalah bagian dari tugas utama yang harus dilaksanakan.
- Sarana Pendidikan, adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam usaha untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, dan proses perbuatan.
- Sekolah, adalah salah satu institusi manusia terpenting , tempat proses belajar mengajar berlangsung.
- Sekolah Dasar, adalah salah satu institusi manusia terpenting, tempat proses belajar mengajar di sekolah dasar.
Jadi maksud dari judul di atas adalah meningkatkan tugas perpustakaan sekolah sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar di Seolah Dasar.
B. TUJUAN
Dengan adanya kecenderungan bagi dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar mengajar di
Sekolah Dasar, bahwa informasi yang diperolah siswa bukan terutama dari guru, tetapi banyak sumber lain yang
dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, maka diketengahkan judul ini agar perpustakaan sekolah lebih di
tekankan penggunaannya bagi siswa sebagai pusat sumber belajar.
II. KERANGKA TEORI
A. ARTI PENTINGNYA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan sekolah mempunyai arti penting sebagai suatu unit yang menyediakan sumber-
sumber dan pelayanan bagi pencapaian/pengembangan tujuan-tujuan dari sekolah yang bersangkutan.
B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Tujuan diselenggarakan perpustakaan sekolah adalah untuk menunjang program belajar siswa dan
mengajar guru di sekolah, yaitu membantu mendapatkan informasi, tambahan ilmu pengetahuan
dan ketrampilan, belajar sendiri secara mandiri berekreasi secara rohaniah, agar tujuan umum dan
tujuan khususdi Sekolah Dasar dapat tercapai secara optimal, sebagaimana tercantum dalam kurikkulum
sekolah tahun 1975.
C. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Sesuai dengan tujuannya, fungsi pokok perpustakaan sekolah adalah memberikan pelayanan informasi
untuk menunjang program belajar dan mengajar di sekolah, baik dalam usaha pendalaman dan
penghayatan pengetahuan, penguasaan ketrampilan , maupun penyerapan dan pengembangan nilai dan
sikap hidup siswa.
Sesuai fungsinya, perpustakaan sekolah mempunyai tiga manfaat: manfaat sebagai sumber
belajar, sebagai sumber informasi, dan sebagai sumber rekreasi.
Dikatakan sebagai sumber belajar karena dengan menggunakan perpustakaan secara tepat gunasiswa
dapat memperdalam pemilikan dan penghayatan pengetahuan yang telah disampaikan oleh guru. Dalam
hal ini perpustakaan menyediakan tempat untuk belajar dan membaca bahan pustaka yang tersedia
serta kesempatan untuk meminjam bahan pustaka.
Manfaat sebagai sumber informasi, tampak dalam fungsi koleksi perpustakaan yang dapat
digunakan untuk memperluas cakrawala pengetahuan dan ketrampilan siswa selain yang telah diberikan
oleh guru. Begitu juga penggunaan perpustakaan oleh guru akan memperluas cakrawala dan
selalu memutahirkan pengetahuan guru dalam bidang studi yang diajarkan.
Manfaat sebagai sumber rekreasi, tampak dalam fungsinya membrikan koleksi ringan dan
segar, sehingga memberikan keselarasan, keserasian dan keseimbangan pengetahuan, ketrampilan, nilai
dan sikap hidup, baik guru maupun siswa.
E. PERANAN PERPUSTAKAAN
Dalam hubungannya dengan keseluruhan proses pendidikan di sekolah, perpustakaan
berperanan sebagai instalasi atau sebagai sarana pendidikan yang bersifat teknis edukatif, bersama
dengan unsur – unsur pendidikan lainnya ikut menentukan terjadinya proses pendidikan.
Oleh sebab itu dalam kaitannya dengan usaha pencapaian pendidikan, perpustakaan di sekolah benar-
benar digunakan secara tepat guna dan tepat sasaran.
III. PEMBAHASAN
Di Sekolah Dasar pelajaran dalam kelas dan buku teks masih memainkan peranan penting
untuk memperkenalkan bidang-bidang pengetahuan tertentu. Tetapi harus diketahui bahwa tidaklah ada
buku pelajan yang isinya lengkap, mencakup segala sesuatu yang perlu diketahui oleh siswa
Dengan adanya kecenderungan baru bagi dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar-mengajar
banyak sumber lain yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, maka perpustakaan sekolah yang
telah dilengkapi dengan alat - alat dan bahan-bahan lainnya, lebih ditekankan penggunaannya bagi
siswa sebagai sumber belajar.
Oleh karena itu perpustakaan sekolah diselenggarakan dengan tujuan untuk menunjang pendidikan
di sekolah dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kecakapan, dan ketrampilan semua warga
sekolah yang bersangkutan.
Penyelenggaraan perpustakaan sekolah dapat dikatakan berhasil dan berfungsi apabila
perpustakaan dikunjungioleh banyak orang/para pemakai, terutama siswa dan guru dalam kaitannya dengan
proses belajar-mengajar.
Untuk mencapai tujuan yang lebih luas diperlukan perpustakaan yang berisikan berbagai jenis
sumber pengetahuan dan memberi kesempatan kepada tiap siswa untuk belajar sendiri sesua dengan
bakat, perhatian dan tempo masing – masing.
Pendayagunaan perpustakaan sekolah erat sekali hubungannya dengan minat baca dan kegemaran
membaca seorang siswa. Untuk menciptakan suatu masyarakat sekolah yang gemar membaca, maka minat
baca para siswa harus dibangkitkan , ditumbuhkan, ditanamkan, dan dibina secara seksama. Bila
kebiasaan membaca ini sudah dimiliki oleh setiap siswa, maka perpustakaan sekolah pasti akan dapat
didayagunakan secara maksimal.
Banyak sedikitnya pengunjung perpustakaan dapat digunakan sebagai indikator untuk mengetahui
besar kecilnya minat baca mereka. Perpustakaan sekolah yang selalu penuh dikunjungi siswa memberikan
petunjuk bahwa mereka itu mempunyai minat atau sekurang-kurangnya menaruh perhatian terhadap
perpustakaan dan ini berarti pula bahwa perpustakaan sekolah telah digunakan.
Bahan-bahan perpustakaan yang tersedia memungkinkan siswa mengembagkan bakat-bakat yang
ada padanya dan untuk menghidupkan serta memperluas perhatiannya.Bahan-bahan pustaka akan
menimbulkan motivasi belajar dan menghidupkan gairah dan minat baca untuk memperkaya
pengetahuannya. Informasi-informasi yang dapat ditemukannya di perpustakaan akan menumbuhkan siswa
untuk berfikir. Dalam dunia dewasa ini, kemampuan lebih penting daripada
pengetahuan yang didapat
karena menghafal isi buku pelajaran.
Pada hakekatnya perpustakaan merupakan suatu sistemp elayanan media yang ditujukan
kepada keberhasilan siswa dalm belajar, baik melalui pengembangan program instruksional yang dikembangkan
oleh guru maupun proses belajar-mengajar yang dialami oleh siswa itu sendiri.
IV. PENUTUP
A. KESIMPULAN
- Perpustakan sekolah merupakan instalasi atau sarana pendidikan yang bersifat teknis edukatif.
- Perpustakaan sekolah memberikan pelayanan informasi untuk menunjang program belajar dan mengajar di sekolah.
- Dengan adanya perpustakaan sekolah, siswa Sekolah Dasar dapat memperdalam pemilikan dan penghayatan pengetahuan yang telah disampaikan oleh guru.
- Dengan adaanya perpustakaan, siswa Sekolah Dasar bisa mendapatkan informasi atau keterangan mengenai berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik untuk penelitian atau sekedar tahu saja.
- Dengan adanya perpustakaan, siswa Sekolah Dasar bias mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dari bahan pustaka yang ada.
- Dengan menggunakan jasa perpustakaan siswa dapat belajar secara mandiri.
B. SARAN-SARAN
- Perpustakaan yang baik harus menjadi suatu unit yang mampu menyediakan sumber-sumber dan pelayanan bagi pencapaian tujuan pendidikan nasional maupun tujuan khusus di mana perpustakaan tersebut bernaung.
- Perpustakaan sekolah harus menjadi pusat bahan-bahan pengajaran disamping menjadi sumber utama dalam membina dan mengembangkan minat baca siswa.
- Koleksi bahan pustaka perlu dikelola dan diatur secara sistematis agar mudah dapat ditemukan kembali sewaktu-waktu dibutuhkan oleh siswa.
- Koleksi perpustakaan sekolah harus dapat mencerminkan isi seluruh kurikulum sekolah yang bersangkutan.
DAFTAR PUSTAKA
- Moedjiono, Peranan dan pelayanan pusat sumber belajar (PSB), dalam lembaga pendidikan tenaga pendidikan , Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Jakarta, 1981.
- Mulyani A. Nurhadi, Administrasi Perpustakaan Sekolah, Yayasan Pendidikan Kartika Wilis, Yogyakarta, 1983.
- Soemarno, Rosali Said, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Umum, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta , 1980.
- -------------, Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13, PT Cipta Adi Pustaka, Jakarta, 1990.
- -------------, Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 14, PT Cipta Adi Pustaka, Jakarta, 1990.
- -------------, Kamus Besar Indonesia , PT balai Pustaka , Jakarta , 1990
- - ------------, Pedoman/Standard Perpustakaan di Indonesia , Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1979. .
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus